KesehatanTips Merawat Rambut Bagi Perempuan Berhijab

Tips Merawat Rambut Bagi Perempuan Berhijab

Masalah rambut biasanya menjadi masalah utama bagi perempuan berhijab. Area rambut yang tertutup hijab membuat keringat dan minyak di kepala tidak langsung menguap, melainkan menempel pada hijab.

Kondisi ini kadang membuat kepala menjadi terasa gatal, terutama di bagian kulit kepala. Mungkinkah kulit kepala menjadi bebas gatal sehingga kamu dapat menggunakan hijab dengan nyaman seharian?

Agar bebas dari gatal, inilah 5 cara mencegah kulit kepala gatal untuk perempuan berhijab:

1. Pastikan rambut kering sebelum memakai hijab
Cara lain menghindari rambut gatal karena berjilbab adalah dengan mengeringkan rambut sebelum mengenakan jilbab Anda. Setelah keramas, pastikan rambut Anda sudah benar-benar kering sebelum Anda mengikat dan menutupnya dengan kain.

Menutup rambut yang basah dengan jilbab dapat menyebabkan rambut terlalu lembab, bahkan berisiko mengakibatkan munculnya jamur. Hal ini dapat menyebabkan rambut terasa semakin gatal.

2. Tidak mengikat Rambut terlalu kencang
Kalau kamu memiliki rambut panjang, pastinya kamu harus mengikat rambut untuk menjaga rambut agar tidak keluar-keluar dan berantakan. Tidak hanya itu, kunciran rambut yang tinggi juga bisa membuat tampilan hijabmu semakin lebih cantik dan bervolume. Tapi, jangan ikat rambutmu terlalu kencang ya karena kunciran ini lama-kelamaan bisa membuat rambutmu semakin rapuh dan mudah rontok.

3. Menyisir ramabut dengan benar
Salah satu hal yang bisa menyebabkan rambut rusak adalah dari menyisir rambut. Bisa dari salah ketika memilih sisir atau cara menyisirnya yang tidak benar.

Dalam memilih sisir, pilihlah sisir berbahan plastik dan tidak terlalu rapat agar tidak menyebabkan rambut mudah rontok. Dalam menyisir rambut hindari menyisir rambut ketika rambut masih basah sebab hal ini juga akan menyebabkan rambutmu mudah rontok.

4. Pilih bahan jilbab yang tepat
Gunakan jilbab dengan bahan yang sesuai dengan suhu dan cuaca. Apabila cuacanya cukup panas dan terik, hindari menggunakan jilbab berbahan tebal.

Kain berbahan tebal menyebabkan rambut Anda tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik, sehingga lebih cepat lembab dan gatal. Agar rambut tidak keluar saat berhijab maka biasakan untuk menyisir rambut hingga rapi sebelum mengenakan hijab.

5. Pilih Shampo dan kondisioner yang ringan
Mungkin Anda berpikir keramas setiap hari dapat membantu mengurangi minyak pada rambut berjilbab. Ternyata, keramas terlalu sering pun tidak baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Terlalu sering keramas dapat mengakibatkan minyak alami di kulit kepala berkurang, sehingga kulit kepala akan semakin kering. Kulit kepala yang terlalu kering juga berpotensi memicu munculnya gatal-gatal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT