Tips Menggunakan Smartphone Secara Aman

Artikel Terkait

Smartphone merupakan bentuk kecil dari sebuah komputer. Benda yang satu ini sudah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari bagi kebanyakan orang. Akan tetapi, ternyata kesadaran para pengguna terhadap keamanan perangkat smartphone ini relatif masih rendah.

Terkait masalah keamanan dalam menggunakan ponsel pintar, berikut ini kami akan memberikan tips menggunakan smartphone secara aman.

1. Buat Password Yang Rumit
Pergunakanlah password yang sangat sulit dan tidak mudah untuk ditebak demi mengamankan smartphone Anda. Anda bisa menggunakan nama pengguna, namun dengan kombinasi huruf kapital serta huruf kecil untuk membuat password Anda menjadi lebih kuat dan sukar untuk ditebak oleh kebanyakan orang yang iseng dan jahil.

2. Simpan Nomor Dalam Bentuk Nama
Simpanlah nomor kontak orang terdekat atau keluarga Anda dalam bentuk nama. Janganlah Anda simpan dengan nama sebutan ibu ataupun ayah. Karena salah satu informasi yang banyak dicari pelaku kriminal setelah berhasil mendapatkan daftar nomor kontak seseorang adalah keluarga serta orang terdekatnya untuk melakukan penipuan baik itu melalui sms ataupun telepon.

3. Download Aplikasi dari Situs Resmi
Berhati-hatilah dengan berbagai macam aplikasi yang Anda download ke dalam smartphone. Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda cek sebelum Anda memutuskan untuk memasang, menginstall dan menggunakan aplikasi tersebut.

Yang pertama adalah rating dan review dari orang-orang yang sebelumnya telah mengunduh, menginstall dan menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu, pengguna juga perlu mengecek situs resmi dari pengembang aplikasi tersebut dengan mengakses situs resminya.

Pengguna juga disarankan untuk memprioritaskan aplikasi dengan banyak pengguna atau yang merupakan pilihan editor (editor’s choice) untuk didownload, diinstall dan digunakan dalam perangkat smartphone demi menghindari aplikasi abal-abal yang kadang menyamar sebagai aplikasi resmi dan terkadang menimbulkan bahaya bagi perangkat smartphone Anda maupun Anda sendiri.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Terpopuler

Terbaru