WisataTips Melindungi Barang Berharga Saat Berlibur

Tips Melindungi Barang Berharga Saat Berlibur

Liburan sering kita lakukan untuk menghabiskan waktu atau hanya sekedar untuk melepas penat. Dalam semua kegembiraan saat berlibur kita sering kali lengah. Untungnya, waspada dan melakukan beberapa tindakan pencegahan yang diperlukan dapat membantu kamuberhargamu saat berpergian.

Berhati-hatilah dengan membawa banyak uang dan cobalah untuk tidak terlihat seperti turis. Hal ini dikarenakan dapat membuat kamu menjadi target pencurian. Penting juga untuk memiliki cakupan asuransi kesehatan selama perjalanan, kalau-kalau kamu membutuhkan bantuan medis.

Berikut ini cara mengamankan uang dan barang berhargamu:

1. Simpan uang tunai secara tersembunyi dan batasi jumlah yang dibawa
Memunculkan uang ketika bepergian dapat menjadikanmu sasaran empuk bagi pencuri. Cobalah untuk menghindari mengeluarkan gumpalan uang tunai dari dompet. Simpan sedikit uang tunai di saku dan tarik keluar sebanyak yang kamu butuhkan saat membeli sesuatu.

Berhati-hatilah saat mengambil uang dari ATM. Waspadai siapa yang berdiri di belakangmu dan jangan memasukkan uang ke saku belakang. Jika Anda berada di negara lain, gunakan mata uang mereka. Itu membuat transaksi lebih mudah, dan menggunakan mata uang dari negara asing mungkin mendapat perhatian dari pencuri.

2. Menyimpan paspor, uang tunai, dan kartu kredit di tempat yang terpisah
Simpan sedikit uang tunai dan kartu kredit di dompet atau tas. Kemudian, simpan uang dan kartu tambahan di dalam saku atau kantong uang. Kamu juga dapat menyimpan sedikit lebih banyak uang di loker atau di barang bawaanmu.

Dengan begitu, uang kamu dan dokumen-dokumen penting tidak bersama-sama di satu tempat. Bawa paspor secara terpisah dari uang dan kartu kredit saat kamu terbang. Ketika kamu sampai di hotel, kunci paspor kamu di brankas hotel.

Sayangnya, brankas hotel tidak 100% aman jati tetap berhati-hailah. Buat salinan dokumen, ID, dan kartu kredit penting jika kamu kehilangannya.

3. Simpan barang-barang berharga di tas jinjing saat bepergian
Yang terbaik adalah meninggalkan perhiasan dan barang-barang mahal lainnya di rumah, tetapi jika kamu bersikeras membawanya, simpanlah di dalam tas atau tas jinjing.

Hindari mengemasnya ke dalam tas biasa dan memeriksa barang bawaan, yang dapat dengan mudah dicuri atau dicari. Ketika kamu sampai di hotel, amankan barang berharga di brankas kamar.

4. Hanya bawa barang-barang penting di dompet
Tinggalkan formulir identifikasi yang tidak perlu, seperti kartu jaminan sosial di rumah. Kamu dapat membuat salinan dari kartu penting lainnya, seperti kartu asuransi kesehatan daripada membawa kartu yang sebenarnya. Simpan ID foto, kartu kredit, dan paspor di dompet yang aman dan keluarkan sesering mungkin.

5. Jangan pernah meninggalkan dompet tanpa pengawasan
Kunci barang-barang berharga di brankas hotel ketika keluar dari kamar. Laptop, perhiasan, paspor, uang tunai ekstra, dan dokumen yang berisi informasi pribadi harus diletakkan di brankas kamar atau hotel.

Hindari meninggalkan barang-barang penting ini di dalam koper biasa ketika kamu berada di luar ruangan — barang-barang itu hanya aman jika terkunci.

Jika brankas hotel terlihat samar atau kamu merasa tidak nyaman meninggalkan barang-barang di belakang, simpan barang-barang tersebut di tempatmu.

6. Lindungi perangkat dengan kata sandi dan enkripsi yang kuat
Pastikan kamu membuat kata sandi yang kuat di ponsel, laptop, dan perangkat elektronik lainnya saat bepergian. Dengan begitu, bahkan jika perangkatmu dicuri, pencuri akan kesulitan mengakses materi dan akun pribadi.

Lihat ke dalam aplikasi yang menyediakan keamanan tambahan untuk perangkat mu. Cerberus, Prey, dan AppLock hanyalah beberapa contoh aplikasi anti-pencurian yang dapat kamu gunakan.

Dan yang terakhir adalah berhati-hatilah saat menggunakan tempat wi-fi publik, karena peretas mungkin dapat mengakses informasi Anda dengan cara itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT