LainnyaTips Jitu Melawan Ngantuk Saat Bekerja

Tips Jitu Melawan Ngantuk Saat Bekerja

Mengantuk saat beraktivitas merupakan hal yang wajar. Namun, jika ngantuk terjadi secara terus-menerus, tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebaiknya Anda pahami cara efektif untuk menghilangkan ngantuk, agar produktivitas tetap terjaga.

Rasa ngantuk bisa timbul kapan saja, termasuk saat belajar, bekerja atau bahkan saat menyetir kendaraan.Gejala yang sering mengiringi rasa ngantuk, termasuk sulit berkonsentrasi dan tidak dapat mengendalikan emosi. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika ngantuk di jam Kerja:

1. Mengatur Pernapasan
Teknik pernapasan bermanfaat untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan aliran darah. Semua hal ini akan meningkatkan energi dan performa bekerja Anda. Berikut adalah cara melakukan teknik pernapasan untuk menghilangkan ngantuk saat kerja:

– Duduk dengan tegak di kursi Anda, fokuslah untuk bernapas menggunakan perut.
– Letakkan tangan kanan Anda pada perut, tepat di bawah rusuk. Kemudian, letakkan tangan kiri Anda pada dada.
– Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan biarkan perut mendorong tangan kanan Anda. Jangan membiarkan dada Anda bergerak.
– Embuskan napas melalui bibir yang mengerucut.
– Ulangi semua sebanyak 10 kali.

2. Perhatikan Sarapan
Jika kamu makan makanan cepat saji atau makanan yang terlalu manis untuk sarapan, kamu bukannya akan melek melainkan tambah mengantuk. Makanlah sayuran atau buah yang bisa menambah kesegaran tubuhmu. Setidaknya asupan tubuhmu tidak membuat kamu tambah ngantuk. Makan permen saat kerja juga adalah pilihan yang baik.

3. Merapihkan Meja dan pasang aromatherapi
Cara menghilangkan kantuk saat kerja berikutnya adalah dengan merapikan meja kerja Anda. Aktivitas ini sebenarnya memaksa Anda untuk bekerja sehingga otot-otot tubuh Anda berusaha untuk mengaktivitkan seluruh tubuh untuk bekerja. Hasilnya, tentu saja rasa kantuk pun akan hilang dengan sendirinya.

Anda bisa memulai merapikan kerja dari tumpukan-tumpukan kertas yang terpakai, kemudian merapikan alat tulis, laci lemari, sampai mengubah posisi meja karja, laptop, atau tempat duduk yang Anda gunakan. Setelah rapih dan bersih tak ada salahnya untuk menambahkan aroma terapi untuk dipasang di meja ataupun ruang kerja Anda.

Aroma terapi yang dipilih bisa berupa aroma bunga, buah-buahan, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentunya sangat berguna untuk meningkatkan mood, konsentrasi, dan juga produktivitas Anda dalam bekerja.

4. Menurunkan suhu AC
Tidak banyak orang yang tahu tentang trik yang satu ini. Lain kali ketika mengantuk, coba turunkan suhu AC sampai yang paling dingin. Kedinginan akan membuat Anda lebih terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT