KesehatanTips Aman Memilih Air Kemasan Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Tips Aman Memilih Air Kemasan Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Air mineral merupakan kebutuhan pokok bagi kehidupan. Tetapi air kemasan yang dijual di pasaran dengan kondisi sudah tidak baik dapat membahayakan saat meminumnya jika dilakukan secara terus menerus.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah air kemasan yang dibeli masih aman atau tidak.

1. Cek Tanggal Kadaluarsa
Air mineral memang tidak ada masa kadaluarsa, tetapi jika air mineral sudah menjadi air kemasan ada hal yang mempengaruhi seperti bahan plastik yang digunakan. Bahan plastik yang digunakan dapat mengkontaminasi air mineral jika disimpan dalam waktu lama.

2. Mengocok Air Kemasan
Tujuan dari mengocok air kemasan yaitu untuk mengecek apakah ada serat tipis berwarna putih atau tidak. Jika serat tersebut muncul setelah dikocok, maka air tersebut sudah terkontaminasi dan mengalami penurunan kualitas.

3. Suhu Air Kemasan
Udara yang terlalu panas saat hendak membeli air kemasan akan memengaruhi isi air mineral itu sendiri. Terlebih jika air kemasan tersebut terpapar sinar matahari langsung akan merusak kualitas dari air tersebut.

4. Bentuk Kemasan
Bentuk kemasan merupakan hal pertama yang bisa dinilai saat akan membeli air kemasan. Selain itu, saat membalikan botol dan terdapat kebocoran, maka air mineral yang ada di dalamnya pun sudah dipastikan terkontaminasi.

5. Warna dan Bau Air
Baik air di dalam kemasan maupun air mineral lainnya, jika sudah memiliki warna dan memiliki bau, maka dapat disimpulkan jika air tersebut sudah tidak aman untuk dikonsumsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT