TeknologiTips Aman Belanja Online

Tips Aman Belanja Online

Belanja Online tidak mudah untuk dilakukan, namun belanja Online juga dapat membuat Anda mendapatkan harga yang lebih murah dibanding dengan toko-toko lainnya.

Untuk belanja Online harus memperhatikan barang yang akan dibeli, seperti kelebihan dan kekurangan barang tersebut, ulasan mengenai toko online. Ini beberapa tips aman berbelanja Online yang dapat diperhatikan.

1. Cek Testimoni Toko atau Situs Online
Hal pertama yang hendak diperhatikan saat belanja online, Anda harus mencari testimoni maupun ulasan dari konsumen yang sudah pernah membeli produk-produk di toko online tersebut. Membeli melalui toko online, Anda harus memastikan alamat serta nomor kontak pada toko online tersebut.

2. Baca Kebijakan Toko Online
Jika situs online terpercaya pasti mempunyai kebijakan situs, Anda harus membaca dengan teliti, jangan sampai di kebijakan itu ada beberapa poin yang merugikan Anda sebagai pembeli.

Baca juga kebijakan tentang pengembalian barang. Karena belanja online, barang yang dibeli tidak bisa Anda lihat secara fisik, di kebijakan tersebut harus ada garansi semisal barang cacat atau berbeda ukuran.

3. Jangan Tergoda Dengan Barang Murah
Belanja Online akan membuat Anda mendapatkan barang-barang dengan harga yang murah. namun jangan buru-buru membeli barang dengan harga yang terlalu murah apalagi jauh harga pasaran. Termasuk dengan barang yang bermerek dengan potongan harga lebih besar dan tidak masuk akal. Bisa saja harga murah untuk mengelabui konsumen yang ada, tapi kualitasnya belum tentu sesuai dengan ekspektasi.

4. Gunakan Kartu Kredit
Bertransaksi via online paling aman dan nyaman menggunakan kartu, baik debit maupun kredit. Hal ini karena kartu kredit Anda bisa membatalkan transaksi jika barang yang dibeli tidak kunjung sampai atau tidak sesuai pesanan.

5. Simpan Password Dengan Baik
Untuk setiap akun belanja online yang Anda miliki, pastikan selalu membuat password yang kuat, lakukan secara rutin untuk melakukan pergantian password. Jangan menunjukkan pada orang lain untuk mengantisipasi risiko yang tidak diinginkan terjadi.

6. Simpan Bukti Transaksi
Jangan lupa menyimpan bukti-bukti pembayaran saat melakukan belanja online. Mulai dari deskripsi produk, harga barang, kuintansi digital, salinan email antara penjual dengan anda, serta hal lain yang terkait dengan bukti transaksi yang dilakukan.

7. Manfaatkan Google
Untuk memastikan situs Toko online benar-benar terpercaya anda harus memanfaatkan mesin pencarian seperti google, ketikan pertanyaan-pertanyaan di google terkait toko online tersebut. Misalnya: Toko A penipu, Toko A Scam, Toko A Terpercaya, dan lainnya. Dengan begitu Anda dapat menemukan informasi dari toko online tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT