KesehatanPentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Gigi bukan hanya memiliki fungsi untuk mengunyah makanan, tetapi juga memiliki fungsi estetika tertentu untuk manusia. Gigi juga dapat menjadi tanda kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan, oleh karena itu kita diharuskan untuk menjaga kesehatan gigi secara benar dan rutin.

Hal ini bertujuan supaya gigi dapat terhindar dari kerusakan, dan penyakit-penyakit yang bisa menginfeksi gigi itu sendiri. Perlu Anda ketahui, bahwa kerusakan pada gigi juga bisa menimbulkan gangguan pada organ tubuh yang lain.

Penelitian menunjukan, bahwa komplikasi yang sering terjadi pada bagian saraf tubuh diakibatkan karena kerusakan pada gigi. Kerusakan gigi sering terjadi akibat tidak adanya kesadaran akan merawat gigi dengan baik.

Biasanya, orang-orang tidak terlalu perduli dengan apa yang terjadi pada kesehatan gigi mereka. Terkadang orang yang memiliki gigi tidak sehat akan sadar jika gigi yang di miliki sudah mulai keropos dan bolong. Alhasil, mereka sudah terlambat untuk mencegah kerusakan yang terjadi pada gigi.

Gigi busuk, karang gigi, dan gusi berdarah adalah beberapa tanda yang timbul dari kesehatan gigi yang tidak maksimal. Untuk itu, sering-seringlah memeriksa kesehatan gigi dan mulut Anda agar Anda mengetahui gejalanya dan bisa segera mencegahnya.

Dengan demikian, Anda akan mengetahui apakah gigi yang Anda miliki masih dalam keadaan sehat ataupun sudah rusak. Ingin mengetahui apakah gigi Anda sehat? Mari cek beberapa indikator berikut ini.

Indikator Bahwa Gigi Dalam Keadaan Sehat

Beberapa indikator ini bisa menjadi panduan Anda dalam mengetahui apakah gigi Anda dalam keadaan sehat atau tidak. Jika gigi Anda tidak sehat, maka seharusnya Anda harus mengatasi kesehatan gigi secepatnya.

Gigi putih
Gigi putih menunjukan bahwa tidak adanya lapisan kotoran ataupun bekas dan sisa makanan yang menempel pada gigi Anda. Gigi putih bukan hanya membuat senyuman Anda semakin indah, tetapi lebih kepada penjelasan bahwa gigi Anda masih dalam keadaan baik dan tidak rusak.

Lidah lembab
Lidah lembab, tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering juga dapat menunjukan bahwa lidah Anda dalam keadaan sehat. Lidah lembab juga dapat membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran bakteri pada mulut, yang membuat gigi rusak. Untuk itu, jika Anda menyikat gigi usahakan untuk selalu menyikat bagian lidah juga.

Gusi berwarna merah muda
Jika Anda memiliki gusi berwarna merah muda, berarti gusi Anda memiliki peredaran darah yang sangat lancar. Dengan keadaan gusi yang seperti ini, gigi Anda juga akan tetap terjaga kesehatannya dan bermanfaat untuk menahan gigi agar tetap ditempatnya.

Berbeda dengan gusi berwarna hitam atau pucat, biasanya gusi seperti ini memiliki peredaran darah yang kurang lancar dan tentunya akan menyebabkan kerusakan terhadap gigi.

Tidak ada gigi berlubang
Lubang dalam gigi dapat menyebabkan kerusakan pada seluruh bagian gigi ataupun mulut. Karena lubang tersebut menjadi salah satu tempat berkumpulnya bakteri, dan bakteri tersebut terus berkembang dan menyebar ke seluruh permukaan mulut dan gigi.

Tidak ngilu, dan dapat mengunyah dengan baik
Sering orang mengalami ngilu saat meminum minuman yang dingin, yang menandakan bahwa mereka memiliki gigi yang sensitif. Keadaan itu memiliki tanda bahwa gigi yang Anda miliki belum sehat maksimal. Karena jika gigi Anda sehat, maka Anda dapat mengunyah dengan baik dan tidak merasakan ngilu pada saat meminum minuman dingin.

Jika gigi Anda tidak memiliki salah satu indikator di atas, maka sudah bisa dipastikan bahwa Anda memiliki gigi yang kurang sehat. Tetapi, kesehatan gigi dan mulut dapat dengan mudah Anda tingkatkan dengan cara yang sangat sederhana seperti menggosok gigi secara rutin, menggosok gigi dengan >pasta gigi sensitif apabila gigi Anda sensitif, menyikat lidah, dan selalu berkumur. Dan jika semua itu sudah Anda lakukan, maka jangan pula Anda lupa untuk memeriksakan gigi sekitar 6 bulan sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT