KesehatanMakanan yang Efektif Menurunkan Asam Lambung

Makanan yang Efektif Menurunkan Asam Lambung

Selain dengan pengobatan medis, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi masalah asam lambung. Meskipun memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses penyembuhan, cara pengobatan non medis lebih aman dilakukan karena tidak berefek samping pada organ tubuh lainnya.

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah jenis penyakit pencernaan kronis yang disebabkan akibat naiknya kadar asam lambung menuju esofagus (kerongkongan) dan menimbulkan nyeri pada ulu hati (heartburn).

Asam lambung adalah masalah penyakit yang banyak dihadapi orang dewasa. Berdasarkan sebuah fakta menyebutkan terdapat sekitar 60% populasi dewasa pernah mengalami beberapa jenis penyakit gastroesophageal reflux setiap tahun, dan 20 sampai 30 persen mengaku merasakan gejala setiap minggunya.

Ada cara alami untuk membantu meredakan asam lambung, selain dengan menggunakan pengobatan medis dan tanaman herbal. Asam lambung juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi beberapa jenis buah dan makanan untuk meredakan gejala asam lambung. Berikut ini beberapa jenis makanan dan buah yang dapat dijadikan sebagai pereda asam lambung, antara lain:

Makanan Penurun Asam Lambung

1. Pisang
Pisang memiliki pH 5,6 yang baik untuk meringankan gejala asam lambung. Pisang dapat dikonsumsi sebagai salah satu buah yang baik untuk meredakan penyakit asam lambung. Namun, tidak semua pendderita asam lambung cocok mengkonsumsi buah pisang, karena terdapat beberapa orang melaporkan bahwa penyakit asam lambung memburuk setelah mengkonsumsi buah pisang.

2. Melon
Melon memiliki kadar pH 6,1 yang baik untuk penderita asam lambung. Sama seperti buah pisang, tidak semua penderita asam lambung dapat mengkonsumsi buah melon.

3. Pepaya
Pepaya memiliki kandungan papain atau enzim propeolitik yang dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan. Meskipun memiliki rasa yang sedikit asam, pepaya baik dikonsumsi oleh penderita maag, hal ini dikarenakan adanya kandungan asam asetat dan asam askorbat yang berfungsi baik untuk mengatasi penyakit lambung.

4. Wortel
Wortel memiliki kandungan vitamin A tinggi yang baik untuk kesehatan mata, serta kandungan kalsium dan vitamin didalamnya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Wortel memiliki kandungan antioksidan tinggi yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena wortel tidak akan menaikkan kadar asam lambung.

5. Jahe
Jahe dipercaya sejak dahulu untuk mengatasi masalah pencernaan karena jahe memiliki sifat menenangkan. Selain itu, jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu memerangi gejala asam lambung.

6. Kunyit
Kunyit dikenal sebagai rempah yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan atau ramuan jamu. Kunyit juga membantu menjaga kenaikan asam pada lambung, hal ini dikarenakan kunyit memiliki kandungan antioksidan tinggi, anti bakteri dan antikanker.

7. Brokoli
Brokoli memiliki kandungan kalium, kalsium, dan serat yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh berdasarkan AKG sehari-hari. Brokoli juga memiliki kandungan sulfur yang berfungsi sebagai antioksidan yang dalam melindungi lapisan dalam dari kulit lambung.

8. Jus Lidah Buaya
Selain terbukti untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan rambut dan kulit, lidah buaya juga baik untuk menenangkan sistem pencernaan. Berdasarkan penelitian dari Journal of Science dan Kesehatan Lingkungan, mengkonsumsi jus lidah buaya secara teratur dapat membantu mencegah refluks asam, karena dapat mengurangi peradangan.

9. Perdu – Adas
Perdu adas dikenal sebagai salah satu makanan yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti meredakan mules. Selain itu ramuan adas memiliki kandungan phytonutrient anti-inflamasi dipercaya juga dapat membuat dinding perut lebih rileks sehingga mampu meredakan penyakit asam lambung.

10. Kacang Hijau
Jenis makanan selanjutnya yang dapat membantu mencegah asam lambung adalah kacang hijau. Hal ini dikarenakan kacang hijau mampu membentuk lapisan-lapisan didalam lambung yang berguna untuk mencegah kenaikan asam lambung serta memiliki banyak manfaat lainnya untuk tubuh karena kacang hijau memiliki kandungan karbohidrat tinggi.

11. Air Kelapa
Selain menyegarkan, air kelapa juga dapat membantu mengembalikan jumlah elektrolit dalam tubuh yang berkurang akibat aktivitas tubuh. Elektrolit pada air kelapa dapat menjaga kadar asam pada lambung agar lambung tetap seimbang dan tidak meningkat.

12. Nasi
Nasi putih dipercaya dapat membantu mengurangi asam lambung, namun jika nasi putih di bumbui tinggi lemak seperti mentega justru dapat menyebabkan asam lambung lebih parah.

13. Oatmeal
Oatmeal adalah jenis panganan yang terbuat dari gandum yang memiliki banyak kandungan serat dan bukan termasuk makanan asam. Hal inilah yang membuat anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi kemungkinan mengalami masalah refluks.

14. Susu
Salah satu solusi terbaik untuk mengatasi masalah asam lambung adalah dengan mengkonsumsi susu almond. Hal ini karena susu almond memiliki kandungan basa yang dapat membantu memerangi masalah asam lambung.

Selain susu almond, susu kambing juga bermanfaat sebagai salah satu minuman yang baik untuk penderita asam lambung karena susu kambing memiliki sifat basa yang berbeda dengan jenis susu lain.

15. Yoghurt
Yoghurt adalah jenis makanan fermentasi kaya probiotik yang dapat membantu meningkatkan kehadiran bakteri baik. Ahli gizi mengatakan, Makanan dengan bakteri sehat dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi frekuensi asam lambung.

16. Kentang
Kentang merupakan sumber makanan dengan tinggi kandungan karbohidrat. Mengkonsumsi kentang setiap hari dapat membantu menetralisir kadar asam pada lambung karena kentang memiliki sifat basa.

Selain dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan diatas, anda juga perlu melakukan beberapa kebiasaan baik untuk menghindari gangguan asam lambung seperti melakukan olahraga secara teratur, konsumsi air putih dan istirahat yang cukup, serta rutin melakukan medical check-up.

Itulah cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi asam lambung dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan buah-buahan. Untuk pengobatan tradisional, sebaiknya anda lakukan perawatan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT