KesehatanMakanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Mengetahui jenis makanan yang sehat untuk jantung adalah salah satu cara untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan mengurangi resiko angka kematian akibat serangan jantung.

Untuk menghindari penyakit jantung, kita perlu menerapkan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi jenis makanan sehat, melakukan olahraga teratur dan tidak merokok.

Jika kita melakukan pola hidup tersebut, maka dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung sebanyak 82%. Sedangkan pada usia 70-90 tahun yang biasa melakukan pola hidup sehat dapat menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung sebanyak 66%.

Makanan sehat untuk jantung bermanfaat membantu kerja jantung dengan baik. Berikut ini terdapat berbagai jenis makanan sehat untuk jantung yang dapat kita konsumsi setiap hari.

Makanan Sehat untuk Jantung

1. Kentang
Kentang tinggi kandungan serat yang berfungsi baik untuk membersihkan seluruh kandungan kolesterol jahat dalam darah. Kentang juga memiliki kandungan karotenoid dalam kentang bermanfaat menjaga detak jantung.

2. Ikan Tuna
Ikan tuna juga tinggi omega-3. Omega-3 berperan membantu jantung untuk mengatur denyut jantung, melindungi tekanan pada denyut jantung, menurunkan potensi serangan jantung, meningkatkan rasio kadar HDL dalam darah dan menggantikan semua makanan yang banyak mengandung kolesterol.

3. Pisang
Pisang memiliki kandungan zat yang baik untuk menjada kesehatan jantung seperti kandungan kalium, mineral elektrolit, dan sedikit sodium. Kalium berperan untuk mengalirkan listrik ke denyut jantung, sementara kandungan rendah sodium bisa membantu mengatasi masalah tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan serangan jantung.

4. Wortel
Wortel mengandung beta-karoten yang sangat bagus untuk jantung. Selain itu, wortel juga memiliki beberapa kandungan zat lain seperti asam folat, vitamin B6, potassium, magnesium dan tiamin yang sangat penting untuk jantung. Dimana zat tersebut bisa membangun otot jantung, mencegah stroke dan juga membentuk sistem syaraf dalam tubuh.

5. Kedelai
Kedelai banyak mengandung protein dan lemak tak jenuh. Zat yang terkandung pada kedelai dapat mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol serta memperkuat otot jantung.

6. Apel
Mengkonsumsi 2 buah apel setiap hari mampu mengurangi resiko penyakit jantung. Hal ini berdasarkan penelitian yang menunjukkan bahwa apel dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh, serta membantu mengatur gula darah.

7. Kacang Hitam
Kacang hitam memiliki kandungan nutrisi yang lengkap untuk kesehatan jantung. Kandungan folat, antioksidan dan magnesium didalamnya dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Kandungan serat pada kacang hitam bermanfaat mengontrol kadar kolesterol dan gula darah.

8. Minyak Zaitun
Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung, melindungi pembuluh darah dalam tubuh dan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk salad dan memasak sayuran atau dimakan sebagai olesan untuk roti.

9. Anggur
Buah anggur sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, hal ini karena buah anggur memiliki kandungan serat dan senyawa quercetin yang membantu melindungi pembuluh darah dari masalah penyumbatan. Kandungan polifenol dan asam fenolik pada buah anggur dikaitkan dengan kesehatan jantung yang baik.

10. Alpukat
Alpukat berperan besar untuk menyerap karotenoid (terutama beta-karoten dan lycopene). Beta-karoten dan lycopene sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar LDL dalam darah dan meningkatkan kolesterol yang baik untuk jantung.

11. Labu
Dalam seperempat iris labu terdapat kandungan magnesium yang bisa berfungsi untuk menciptakan adenine trifosfat, mengolah sistem DNA dan RNA yang berperan untuk memompa jantung. Selain itu, kandungan magnesium dalam labu juga berperan untuk mengatur sistem kerja pembuluh darah yang bisa mencegah serangan jantung dan stroke.

1 KOMENTAR

  1. Mengetahui jenis makanan yang sehat untuk jantung adalah salah satu cara untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan mengurangi resiko angka kematian akibat serangan jantung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT