Keuntungan Membeli Mobil Secara Kredit

admin

Membeli mobil baru merupakan salah satu keputusan finansial yang besar, mengingat harga mobil yang tidak murah. Sehingga banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan ketika akan membeli mobil.

Tak hanya jenis dan harga yang sesuai, namun juga soal cara pembayaran secara tunai atau kredit juga perlu dipikirkan dengan matang agar tidak ada penyesalan dikemudian hari. Tak jarang orang akhirnya memutuskan membeli mobil secara kredit sebagai strategi memiliki kendaraan meski kondisi keuangan yang masih terbatas.

Jika Anda sedang mempertimbangkan akan membeli mobil secara kredit, beberapa hal dibawah ini bisa menjadi tambahan pertimbangan. Ternyata, membeli mobil secara kredit memiliki beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Keuntungan Membeli Mobil Secara Kredit

1. Mudah dan Cepat
Meski dana yang dimiliki terbatas, Anda dapat segera memiliki mobil impian dengan pembayaran secara kredit. Dengan pembayaran kredit, Anda hanya perlu membayar sejumlah uang muka (Down Payment) dan menyerahkan beberapa dokumen persyaratan, mobil bisa langsung diantar ke rumah Anda.

Selanjutnya, Anda hanya perlu membayar cicilan setiap bulan sesuai dengan besaran dan tenor yang sudah Anda pilih sendiri. Dibanding dengan pembayaran secara tunai, Anda harus menabung terlebih dahulu dan perlu menunggu lama agar target tabungan terpenuhi. Belum lagi, harga mobil cenderung mengalami kenaikan sehingga waktu menabung menjadi lebih lama lagi.

2. Banyak Promo Diskon

Keuntungan beli mobil secara kredit selanjutnya adalah konsumen akan mendapat tawaran promo yang menarik. Beberapa penawaran menarik yang sangat mungkin diperoleh, diantaranya promo DP (down payment) ringan, bunga rendah, hingga diskon cicilan yang dapat menghemat pengeluaran Anda.

Salah satu contoh promo yang sedang berlangsung adalah BCA Expoversary, dimana BCA menggelar promo spesial Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Ini merupakan kesempatan emas bagi Anda yang ingin segera memiliki mobil impian.

Adapun syarat kredit mobil kkb bca relatif mudah dan tidak ribet. Anda hanya perlu menyediakan beberapa dokumen seperti KTP, NPWP, slip gaji, dan dokumen pendukung lainnya.

3. Dapat Asuransi
Asuransi mobil menjadi sangat penting untuk melindungi mobil dari kejadian tak terduga diluar kendali kita. Kredit mobil umumnya sudah dilengkapi dengan paket asuransi kendaraan selama masa kredit berlangsung.

Dengan asuransi ini, maka Anda sebagai pemilik mobil tak perlu khawatir saat terjadi musibah, seperti kecelakaan hingga kehilangan mobil. Semua akan dilindungi oleh pihak asuransi.

4. Meningkatkan Skor Kredit
Skor kredit merupakan penilaian kepada seseorang atau perusahaan terkait dengan riwayat kreditnya. Di Indonesia, penilaian skor kredit berupa angka numerik dengan lima rentang yakni rentang lancar, dalam perhatian khususm, kurang lancar, diragukan, dan macet.

Skor kredit akan menunjukkan apakah seseorang memiliki risiko tinggi atau tidak ketika mengajukan kredit. Ketika seseorang memiliki kolektablitas rendah, seperti status kredit macet, maka orang tersebut akan sulit untuk mendapatkan fasilitas pembayaran kredit. Sebaliknya, ketika seseorang ternyata memiliki skor kredit dalam status lancar, maka orang tersebut akan semakin mudah mendapatkan kredit.

Dengan Anda membeli mobil secara kredit, semakin lancar pelunasan, maka semakin baik skor kredit yang Anda miliki. Sehingga, apabila kelak Anda berniat membeli mengambil KPR, atau mengambil fasilitas kredit lainnya, bank atau perusahaan leasing akan menilai kemampuan Anda melunasi hutang dari skor kredit tersebut. Semakin baik skor kredit, maka semakin besar kemungkinan kredit yang Anda ajukan disetujui.

5. Uang Tabungan Bisa Untuk Kebutuhan Lain
Kemudian, keuntungan membeli mobil kredit selanjutnya adalah uang tabungan yang ada bisa untuk kebutuhan atau keperluan lain. Ini merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang yang mampu membeli mobil secara tunai, namun tetap memilih kredit.

Sisa uang yang ada bisa digunakan mengembangkan usaha, renovasi rumah, biaya anak sekolah, atau menginvestasikan sisa uang yang Anda miliki itu ke dalam instrumen investasi. Untuk itu, membeli mobil secara kredit bisa menjadi solusi karena tabungan Anda tidak langsung terkuras banyak hanya untuk membeli mobil.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer