Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

admin

Siapa yang tak ingin memiliki memiliki gigih putih yang menawan? Memiliki gigi sehat putih bersih menjadi dambaan setiap orang.

Dengan memiliki gigi putih, kepercayaan diripun juga akan meningkat. Untuk tetap menjaga gigi tetap sehat dan putih, Anda hanya perlu menggosok gigi dengan pasta gigi dua kali sehari secara tepat.

Selain itu juga rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Ditambah dengan menghindari makan-makanan yang menyebabkan gigi menjadi kuning.

Penyebab Gigi Menjadi Kuning

Warna gigi yang menguning memang akan mengganggu penampilan serta dapat menurunkan rasa percaya diri. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan warna gigi menjadi kuning, sebagai berikut.

1. Menkonsumsi teh atau kopi secara berlebihan.
2. Gaya hidup yang tidak sehat seperti sering merokok atau minum alkohol.
3. Kebiasaan menyikat gigi yang tidak tepat.
4. Menipisnya enamel gigi karena bertambahnya usia.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Namun bagi Anda yang sudah terlanjur mempunyai gigi kuning, berikut ini beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah.

1. Siwak
Siwak adalah dahan atau akar pohon Salvadora Persica yang sejak dahulu dipakai sebagai penyikat gigi alami. Selain untuk membersihkan gigi, siwak juga dapat membersihkan gusi dan mulut.

Sebenarnya semua akar atau dahan pohon apapun bisa dipakai untuk bersiwak dengan syarat yaitu lembut. Akar atau batang yang keras tidak bisa dipakai untuk bersiwak karena akan merusak email gigi dan gusi Anda. Selain lembut, pastikan juga agar serat akar atau dahan tidak mudah berjatuhan saat kita bersiwak yang dapat mengotori mulut.

2. Stroberri
Khasiat stroberri sebagai buah pemutih gigi alami tidak perlu diragukan lagi. Stroberi mengandung Asam malat, yang merupakan zat alami yang diklaim mampu memutihkan dan mengurangi noda pada gigi.

Mengkonsumsi buah stroberi maka secara tidak langsung Anda menggunakan bahan alami pemutih gigi. Sehingga stroberi merupakan pemutih gigi yang ampuh, aman, sekaligus mengandung sejumlah vitamin untuk kesehatan tubuh.

3. Arang Kayu
Arang kayu merupakan salah satu obat pemutih gigi alami. Meskipun terdengar aneh namun cara tradisional memutihkan gigi dengan arang kayu memang betul. Hanya saja, Anda harus memastikan agar tidak menggunakan arang kayu secara berlebihan karena dapat merusak email gigi dan menyebabkan rasa ngilu pada gigi.

4. Lemon dan Garam
Lemon mengandung vitamin C yang yang juga diklaim ampuh memutihkan gigi secara alami. Menggunakan pasta gigi dengan bahan lemon dan sedikit garam, dapat memutihkan gigi Anda. Namun, jangan terlalu banyak garam karena akan merusak lapisan gigi.

5. Biji Buah Pinang
Biji buah pinang merupakan bahan pemutih gigi alami. Caranya dengan membakar biji buah pinang hingga gosong lalu haluskan hingga lembut. Setelah itu gosoklah biji tersebut ke gigi kita dengan memakai sabut pinang atau kain katun. Lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu, khasiat biji buah pinang lainnya yaitu dapat memperkuat gigi.

6. Minyak Nabati
Pilihan untuk memutihkan gigi secara alami selanjutnya adalah dengan minyak nabati. Minyak nabati yang mudah dijumpai adalah minyak kelapa.

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dapat mengurangi peradangan pada mulut. Selain itu juga dapat membunuh bakteri penyebab penumpukan plak dan kerusakan gigi.

Anda dapat berkumur dengan 1 sendok makan minyak kelapa secara rutin. Setelah selesai berkumur, bersihkan mulut Anda dengan sikat gigi seperti biasa.

Itu tadi beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk memutihkan gigi. Tetap bergaya hidup sehat supaya gigi Anda tetap sehat dan putih.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer